Pages

Jumat, 13 April 2012

4 GAYA FUNDAMENTAL/MENDASAR YANG MEMBENTUK MATERI DI ALAM


Diri kita Sendiri & alam sekitar adalah materi yang HANYA terdiri dari Kombinasi ATOM2 seperti tertera dalam TABEL PERIODIK UNSUR, perubahan apapun yang terjadi pada diri kita dan benda disekitar nya HANYA lah perubahan dari atom2 nya, dan memenuhi HUKUM2 KIMIA DASAR,..KITA hanyalah ATOM2 yang hanya terdiri dari PROTON, NEUTRON dan ELEKTRON.

tetapi bagaimanakah partikel subatomik membentuk atom ???
gaya apa yang mengarahkan mereka ? sehingga proton2-neutron bisa membentuk inti, dan elektron mengelilingi inti, membentuk semua materi seperti yang kita lihat sekarang, diri kita sendiri dan alam!!!

dan bagaimana Planet, matahari, dan Galaksi terbentuk ???

SEMUANYA dapat dijelaskan secara sederhana :
ADA 4 GAYA MENDASAR yang mengetengahi Partikel2 itu :

1. GAYA ELEKTROMAGNETIK
2. GAYA INTI KUAT
3. GAYA INTI LEMAH
4. GAYA GRAVITASI

Berikut pembahasannya :

1. GAYA ELEKTROMAGNETIK
adalah gaya antara antara muatan listrik, yang mengikat elektron ke inti, juga mengikat ATOM2 membentuk molekul, senyawa, dan membentuk benda2 keseharian kita, dan DIRI KITA sendiri, juga penyebab adanya magnet. Apapun yang kita lakukan ketika berinteraksi dengan benda adalah efek tolakan elektron2 dari atom terluar penyusun tangan kita dengan elektron terluar peyusun benda yang kita sentuh.

2. GAYA INTI KUAT ( GAYA NUKLIR )
Gaya yang mengikat PROTON-NEUTRON terbentuk bersama mebentuk inti atom, yang menjadi JANTUNG dari semua atom, GAYA ini sangat kuat, dan jika enegri terlepas, akan menghasilkan energi sangat besar , yang biasa kita sebut energi nuklir,

3. GAYA INTI LEMAH
gaya yang mebuat peluruhan radioaktif beta, maupun peluruhan pada partikel elementer lainnya, yang terbentuk pada energi tinggi.

4. GAYA GRAVITASI
adalah gaya PALING LEMAH diantara 3 gaya lainnya, DAHULU setelah BIGBANG terjadi ALAM SEMESTA tercipta dan RUANG hanya dipenuhi oleh KABUT atom2, kemudia GRAVITASI mengambil alih dan membentuk benda2 angkasa seperti GALAXY, bintang dan TATA SURYA KITA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar