Pages

Jumat, 13 April 2012

ENERGI NUKLIR SEBAGAI MANIFESTASI DARI GAYA INTI KUAT

Benda - benda/materi yang ada disekeliling kita tersusun dari atom - atom yang mengikuti hukum kimia dasar, dan bagaimanakah struktur dalam atom2 ?
ATOM terdiri dari elektron dan Proton - neutron,

Proton bersama proton lain dan juga neutron membentuk inti, dan elektron mengelilingi inti tersebut,.. dan terbentuklah materi,..

PROTON - PROTON tidak bisa bersatu karna mereka saling tolak menolak disebabkan muatan listriknya sama, tetapi kenyataannya Proton bersama Proton terikat bersama beserta neutron,...

massa sebuah atom helium yang terdiri dari 2 proton dan 2 neutron lebih kecil dari, penjumlahan massa tunggal dari 2 Proton dan 2 neutron,..

Jadi ketika proton2 dan neutron bergabung mereka kehilangan massanya,.. massa yang hilang dari proton dan neutron yang bergabung inilah yang menjadi energi ikat inti, sesuai persamaan E = mc2, inti yang besar punya energi ikat inti yang besar pula.

inilah landasan penciptaan energi nuklir,...
pellet Uranium dipanaskan pada suhu tinggi untuk menjadikan partikel-partikel penyusun inti seperti proton-neutron bergetar dan mulai melawan gaya inti, Kemudian ditembakkan neutron supaya proton dan neutron inti yang telah kehilangan massanya, mendapat massanya kembali, dan melepaskan diri dari gaya inti,..
setelah proton - neutron lepas tertinggallah sisa massa yang hilang, yaitu energi ikat tadi, inilah yang menjadi energi Nuklir, energi yang cukup besar,.. sesuai persamaan E = m c2, massa yang sedikit akan bertranformasi menjadi energi yang besar,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar