Pages

Senin, 09 Juli 2012

Kenalan Dengan Kabupaten Pidie, Aceh. Yukkk???


Kabupaten Pidie secara geografis terletak pada 04,30-  04,60o  Lintang Utara dan 95,75-  96,20o  Bujur Timur, luas daerah sekitar 4.107,81 Km². Kabupaten Pidie berbatasan dengan Selat Malaka pada bagian Utara, pada bagian Selatan berbatasan dengan kabupaten Aceh Barat dan Aceh Jaya, pada bagian Timur berbatasan dengan kabupaten Bireun dan pada bagian Barat berbatasan dengan kabupaten Aceh Besar. Daerah kabupaten ini meliputi dataran tinggi lembah Tangse, dataran tinggi lembah Geumpang dan dataran rendah pantai.
Kabupaten Pidie mempunyai kecamatan sebanyak 23 kecamatan, 128 mukim, dan 29 kelurahan. Nama-nama kecamatan yang ada di kabupaten Pidie yaitu:  kecamatan Geumpang, kecamatan Geulumpang Tiga, kecamatan Mutiara, kecamatan Tiro, kecamatan Tangse, kecamatan Keumala, kecamatan Sakti, kecamatan Mila, kecamatan Padang Tiji, kecamatan Delima, kecamatan Indra Jaya, kecamatan Peukan Baro, kecamatan Kembang Tanjong, kecamatan Simpang Tiga, kecamatan Kota Sigli, kecamatan Pidie, kecamatan Batee, kecamatan Muara Tiga, kecamatan Mane, kecamatan Grong-Grong, kecamatan Glumpang Baro, kecamatan Mutiara Timur, dan kecamatan Titeu.
            Komoditi unggulan kabupaten Pidie yaitu sektor pertanian dan jasa. Sektor pertanian komoditi unggulannya adalah padi, kelapa sawit, kakao, karet, kopi, kelapa, cengkeh, nilam dan lain-lain. Dari sektor jasa komoditas utamanya adalah bidang pariwisata, yaitu wisata alam dan budaya. Khusus pada sektor pertanian, kabupaten Pidie lebih dikenal sebagai lumbung pangan provinsi Aceh dimana produksi padi yang dicapai tahun 2012 mencapai  6,5 hingga 7,3 ton rata–rata perhektar. Dengan demikian, dari 29.369 hektar luas arel tanam keseluruhannya, maka hasil panen padi pada musim tanam di Pidie tahun 2012 mencapai lebih 200.000 ton.

2 komentar: